Senin, 21 Juni 2010

Abete Beberkan Alasan Tim Eropa Loyo

Daftar Hotel Piala Dunia 2010 memberikan gambaran bahwa dua raksasa Amerika Latin, Argentina dan Brasil, menjadi penguasa sepak bola dunia. Demikian disampaikan Presiden Federasi Sepak Bola Italia Giancarlo Abete.

Hotel di Hong Kong Pernyataan Abete ini merujuk pada kenyataan yang terjadi hingga hari ke-11 atau sampai dengan pertandingan kedua penyisihan grup. Enam tim Eropa yang memiliki tradisi juara, yaitu Jerman, Spanyol, Italia, Belanda, Perancis, dan Inggris, belum menunjukkan kehebatannya. Hanya Belanda yang sudah memastikan diri lolos karena meraih dua kemenangan meskipun, menurut Abete, kemenangan tersebut tidak terlalu meyakinkan.

Abete tahu apa yang membuat tim-tim Eropa loyo di Afrika Selatan. Menurutnya, klub-klub besar Eropa-lah yang menjadi penyebabnya. Mereka (klub besar) hanya mementingkan uang dari kontrak siaran langsung pertandingan tanpa menghiraukan program pengembangan dan pembinaan para pemain muda yang akan bermain di level internasional.

"Jika melihat Piala Dunia ini, kamu akan melihat kenyataan bahwa semua tim besar Eropa memiliki persoalan," ungkap Abete. "Di antara Spanyol, Perancis, Inggris, Jerman, dan Italia, hanya satu yang meraih kemenangan. Selain Belanda, hanya tim-tim Amerika Tengah dan Selatan yang tersenyum."

"Klub-klub memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan federasi."

Memang, hasil yang diraih tim-tim raksasa Eropa sangat tidak memuaskan. Italia hanya meraih dua hasil imbang, yakni 0-0 lawan Paraguay di partai perdana dan ditahan 1-1 oleh Selandia Baru. Jerman pun tidak terlalu meyakinkan karena setelah menang 4-0 atas Australia, mereka malah kalah 0-1 dari Serbia.

Hasil mengejutkan juga diraih Inggris, yang dua kali bermain imbang ketika ditahan Amerika Serikat 1-1 dan bermain kacamata lawan Aljazair. Lebih parah lagi raihan Perancis, yang setelah berbagi skor 0-0 lawan Uruguay, mereka dipermalukan Meksiko dengan skor 0-2. Sedangkan Spanyol, juara Eropa, kalah 0-1 dari Swiss di partai pembuka sebelum menang 2-0 atas Honduras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar